Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Silabus Desain Grafis Percetakan

Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian
3.1 Menerapkan dasar-dasar desain grafis dan nirmana
4.1 Membuat desain dengan menerapkan dasar-dasar desain grafis dan nirmana
3.1.1 Menjelaskan dasar-dasar desain grafis.
3.1.2 Menjelaskan nirmana.
3.1.3 Menjelaskan estetika desain grafis.
4.1.1 Menggunakan dasar-dasar dalam desain grafis.
4.1.2 Menerapkan dasar-dasar desain grafis.
3.2 Menerapkan tipografi sesuai media
4.2 Membuat desain menggunakan tipografi yang tepat
3.2.1 Menjelaskan sejarah tipografi.
3.2.2 Menjelaskan prinsip-prinsip tipografi.
3.2.3 Menguraikan ide menjadi konsep.
4.2.1 Mengoperasikan perangkat lunak desain tipografi.
4.2.2 Menggabungkan prinsip-prinsip tipografi menggunakan perangkat lunak yang dipilih.
3.3 Menerapkan prinsip gambar, sketsa, dan ilustrasi
4.3 Menggambar sketsa dan ilustrasi
3.3.1 Menganalisis gambar sketsa dan ilustrasi secara benar.
3.3.2 Membandingkan gambar sketsa dan ilustrasi.
4.3.1 Memanipulasi sketsa dan ilustrasi.
4.3.2 Membuat gambar sketsa dan ilustrasi.
4.3.3 Mengembangkan gambar sketsa dan ilustrasi dengan perangkat lunak Adobe Illustrator.
3.4 Menerapkan prinsip gambar bentuk dan perspektif
4.4 Menggambar bentuk dan perspektif
3.4.1 Menjelaskan prinsip gambar bentuk dan perspektif.
3.4.2 Menetapkan teknik menggambar bentuk dan perspektif.
3.4.3 Memanipulasi gambar bentuk dan perspektif.
4.4.1 Menggunakan perangkat lunak Adobe Illustrator untuk mengolah gambar bentuk dan perspektif.
4.4.2 Menampilkan hasil gambar bentuk dan perspektif.
3.5 Menerapkan penggabungan gambar dan teks yang berbasis vektor
4.5 Menggabungkan gambar dan teks yang berbasis vektor
3.5.1 Menjelaskan fungsi fitur aplikasi pengolah gambar dan teks berbasis vektor.
3.5.2 Membandingkan gambar dan teks yang berbasis vektor.
4.5.1 Mengintegrasikan fitur dalam mengolah gambar dan teks yang berbasis vektor.
4.5.2 Menunjukkan gambar dan teks yang berbasis vektor.
3.6 Menganalisis pemberian efek pada gambar vektor
4.6 Mendesain efek pada gambar vektor
3.6.1 Menjelaskan fungsi efek pada gambar vektor.
3.6.2 Membandingkan efek pada gambar vektor.
4.6.1 Mengintegrasikan fitur efek pada gambar vektor.
4.6.2 Menunjukkan hasil desain efek pada gambar vektor.
3.7 Menganalisis penggabungan gambar dan teks yang berbasis bitmap
4.7 Menggabungkan gambar dan teks yang berbasis bitmap
3.7.1 Menjelaskan fungsi fitur aplikasi pengolah gambar dan teks berbasis bitmap.
3.7.2 Membandingkan gambar dan teks yang berbasis bitmap.
4.7.1 Mengintegrasikan fitur dalam mengolah gambar dan teks yang berbasis bitmap.
4.7.2 Menunjukkan gambar dan teks yang berbasis bitmap.
3.8 Menganalisis pemberian efek pada gambar bitmap
4.8 Mendesain efek pada gambar bitmap
3.8.1 Menjelaskan fungsi pemberian efek pada gambar bitmap.
3.8.2 Mengintegrasikan efek dan fitur manipulasi pada gambar.
4.8.1 Membandingkan efek manipulasi pada gambar bitmap.
4.8.2 Menunjukkan efek gambar hasil manipulasi.
3.9 Mengevaluasi desain berbasis bitmap dan vektor
4.9 Membuat review desain berbasis bitmap dan vektor
3.9.1 Menguraikan karakteristik desain vektor dan bitmap.
3.9.2 Menyusun kriteria penilaian desain vektor dan bitmap.
4.9.1 Melakukan penilaian terhadap desain bitmap dan vektor.
4.9.2 Menyusun laporan penilaian.
3.10 Menganalisis ilmu fotografi
4.10 Mengembangkan referensi gambar sesuai ilmu fotografi
3.10.1 Menjelaskan jenis-jenis fotografi.
3.10.2 Menganalisis peralatan penting fotografi.
4.10.1 Mengumpulkan gambar referensi fotografi.
4.10.2 Menganalisis manfaat hasil fotografi.
3.11 Memahami jenis-jenis kamera dan alat bantu fotografi
4.11 Mengoperasikan jenis-jenis kamera dan alat bantu fotografi
3.11.1 Mengenal jenis-jenis kamera.
3.11.2 Mengenal berbagai alat bantu fotografi.
4.11.1 Mempraktikkan cara mengoperasikan kamera.
4.11.2 Menggunakan alat bantu fotografi.
3.12 Menerapkan pengoperasian kamera digital dan perawatan peralatan fotografi
4.12 Mengoperasikan kamera digital dan perawatan peralatan fotografi
3.12.1 Mengetahui prosedur mengoperasikan kamera digital.
3.12.2 Mengetahui cara merawat peralatan fotografi.
4.12.1 Mampu mengoperasikan kamera digital.
4.12.2 Mampu melakukan perawatan peralatan fotografi.
3.13 Menerapkan prosedur pengukuran bidang pandang dan sudut pengambilan gambar
4.13 Mengambil gambar sesuai bidang pandang dan sudut pandang
3.13.1 Memahami ukuran bidang pandang.
3.13.2 Mengetahui sudut pengambilan gambar fotografi.
4.13.1 Mampu melakukan teknik pengambilan gambar sesuai bidang dan sudut pandang.
3.14 Menganalisis tata cahaya dalam pengambilan gambar
4.14 Mengatur tata cahaya dalam pengambilan gambar
3.14.1 Mengetahui prinsip tata cahaya.
3.14.2 Mengetahui peralatan tata cahaya.
4.14.1 Mampu mengoperasikan peralatan tata cahaya dalam pengambilan gambar.
3.15 Menerapkan prosedur pengambilan gambar dengan teknik zooming dan panning
4.15 Mengambil gambar dengan teknik zooming dan panning
3.15.1 Mengetahui prosedur pengambilan gambar dengan teknik zooming.
3.15.2 Mengetahui prosedur pengambilan gambar dengan teknik panning.
4.15.1 Mampu melakukan pengambilan gambar dengan teknik zooming.
4.15.2 Mampu melakukan pengambilan gambar dengan teknik panning.
3.16 Menerapkan prosedur pengambilan gambar dengan teknik bluring
4.16 Mengambil gambar dengan teknik bluring
3.16.1 Mengetahui prosedur pengambilan gambar dengan teknik bluring.
4.16.1 Mampu melakukan pengambilan gambar dengan teknik bluring.
3.17 Menganalisis komposisi gambar dalam fotografi
4.17 Mengambil gambar berdasarkan komposisi
3.17.1 Memahami komposisi gambar.
4.17.1 Mampu mengambil gambar sesuai komposisi gambar fotografi.
3.18 Menganalisis pembuatan karya seni fotografi digital
4.18 Membuat karya seni fotografi digital
3.18.1 Mengetahui proses pembuatan karya seni fotografi digital.
4.18.1 Mampu membuat karya seni fotografi digital.
3.19 Mengevaluasi karya fotografi
4.19 Membuat laporan karya fotografi
3.19.1 Mengevaluasi hasil karya seni fotografi digital.
4.19.1 Mampu membuat laporan karya fotografi digital.

Posting Komentar untuk "Silabus Desain Grafis Percetakan"